Kamis, 20 September 2012

Tempat Surfing Terbaik Di Dunia

1.Bali, Indonesia


Siapa yang tidak mengenal pulau yang satu ini? Di mata dunia, pulau Bali dikenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni dan budayanya. Banyak sekali wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Bali.
Selain karena wisata seni dan budaya, ternyata Bali juga menjadi destinasi liburan bagi para surfer dunia yang menggangap bahwa pantai di Bali merupakan tempat yang bagus untuk berselancar. Pantai yang biasa dikunjungi oleh para surfer adalah Bukit Peninsula (Uluwatu), Padang Padang dan Kuta. Dengan ombak yang datang dari Laut Selatan, gulungan ombak bisa mencapai hingga 12 meter
 2. Gold Coast, Australia

Tidak dapat diragukan lagi bahwa Australia memiliki pantai terbaik dengan ombaknya yang sempurna untuk para surfer. Gold Coast merupakan kota ke-6 dengan populasi penduduk paling banyak di Australia, Ia terletak di bagian tenggara Queensland dan sangat terkenal dengan matahari iklim tropis dan pantai untuk surfing. Walaupun mahal, namun tempat ini masih saja menarik banyak wisatawan.
Pantai sepanjang 70 km dan 5 titik surfing yaitu The Spit, Main Beach, Narrowneck, Palm Beach dan Mermaid Beach yang merupakan surga bagi para surfer dimana mereka bisa menunggangi dan memecahkan ombak terbaik disana. Tempat lainnya di God Coast yang harus disambangi yaitu Snapper Rocks Superbank, Burleigh Heads, Kirra dan South Stradbroke Island (Straddie).


3. Samoa

Pulau Samoa merupakan tempat terbaik untuk berselancar dengan kekayaan budaya Polinesia, air yang hangat, keindahan alam tropis dengan kualitas ombak yang konsisten. Hal terbaik yang bisa didapatkan di tempat ini adalah gulungan ombak-ombak cantik dari berbagai arah sepanjang tahunnya. Ombak terbaik dapat ditemui dari bulan April ke Oktober.
Spot yang dimiliki oleh Samoa yaitu Desa A’ufaga, Salani, Boulders, Coconuts, Salamumu, Tiavea, Laulii, Falea’puna, Fagaloa Bay dan Solosolo.


4. Kepulauan Mentawai, Indonesia

Kepulauan Mentawai memang kaya akan ombak yang menggulung dibandingkan dengan 70 pulau lainnya di Indonesia dan terkenal sebagai tujuan wisata reguler untuk para surfer dari seluruh dunia. Terdapat 4 pulau utama yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan yang memiliki gulungan ombak tertinggi yang menjadi daya tarik bagi para peselancar kelas dunia yang penasaran untuk menaklukan ombak tersebut dan juga merasakan pengalaman berselancar yang tidak ada tandingannya.
Bulan Maret dan Oktober merupakan bulan terbaik untuk menjumpai ombak-ombak tinggi. Mentawai memiliki 10 ombak kelas dunia yang paling dicari peselancar profesional, seperti Riffle, Macaroni, Kandui, Bankvaults dana masih banyak lagi. Akses ke tempat ini hanya bisa melalui laut dengan menggunakan kapal ferry dan boat.


5. Jeffreys Bay, Afrika Selatan

Jeffreys Bay terletak di propinsi Eastern Cape, Afrika Selatan yang juga merupakan salah satu tempat surfing paling dikenal di dunia. Terlebih pada saat bulan Juni, Juli dan Agustus, para peselancar berdatangan kesini untuk mendapatkan ombak hebat seperti Super Tubes, Boneyards, Kitchen Windows, Magna Tubes, Pint dan Albatross.
Terlepas dari destinasi surfing terpopuler, Jeffreys Bay juga dikenal sebagai pantai blue flag yang mendapat sertifikat internasional dari Foundation for Enviromental Education (FEE) dan juga selalu menjadi tuan rumah untu kejuaraan surfing Billabong Pro WTC.


6. Costa Rica

Bisa dibilang Costa Rica adalah lokasi legendaris bagi para surfer. Para surfer sangat menyukai ombaknya yang konsisten selama setahun penuh dan juga beberapa titik surfing yang sangat bagus sekali. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Costa Rica adalah pada saat bulan April sampai ke bulan Oktober.
Anda bisa menemukan ombak terbaik negara ini di tempat yang bernama Playa Naranjo. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati pengalaman berselancar yang berbeda di Potrero Grande. Walaupun jalan darat untuk menuju ke kedua tempat ini belum terlalu bagus, namun banyak sekali para turis, terutama para surfer yang penasaran dan ingin merasakan keindahan kedua pantai ini.

7. California, Amerika Utara

Jika Anda ingin berselancar di Amerika Utara, tempat yang paling tepat adalah California. Para pemburu ombak besar biasanya mengunjungi bukit Maverick dimana terjadi ombak besar musim dingin. Tidak hanya berselancar saja, biasanya para turis atau para surfer juga sangat suka menikmati pemandangan ombak yang sangat keren yaitu di tengah-tengah Santa Cruz dan Half Moon Bay.
Tempat lainnya yang wajib dikunjungi adalah Steamer Lane, Malibu dan Rincon. Suhu air disini sangat dingin sekali setiap tahunnya kecuali pada bulan Juli dan Agustus yaitu 24 °C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar